OPTIMALISASI VIRTUAL MEMORY

Pada computer ada yang namanya swap file/paging file atau biasa dikenal sebagai virtual memory. Virtual memory mempunyai fungsi sebagai memory tambahan untuk mendukung kinerja RAM. Besar kecilnya file swap tergantung kepada brainware/pengguna computer itu sendiri lebih banyak file yang dibuka maka lebih banyak pula file swap-nya.

Virtual memory tidak secepat RAM. Hal ini karena virtual memory bergantung pada daya putar hardisk yang dipakai oleh user itu sendiri. Kapasitas maksimal yang dibutuhkan oleh virtual memory sekitar 2-3 kali lebih besar dari RAM yang digunakan.

Cara untuk mengoptimalkan kinerja virtual memory adalah sebagai berikut :

  • Buka Control Panel.

  • Double klik icon System.

  • Maka di layar akan muncul jendela System Properties.

  • Pada barisan tab General, Computer Name dan Hardware terdapat tab Advanced. Klik tab Advanced tersebut sehingga nanti muncul 3 kelompok pengaturan, yang pertama adalah Performance, dibawahnya ada User Profiles, dan dibawahnya lagi ada startup and recovery.

  • Kliklah tombol Settings yang ada dikelompok Performance.

  • Maka dilayar muncul jendela Performance Options.

  • Klik Tab Advanced.

  • Pada kelompok Virtual Memory klik tombol Change.

  • Maka dilayar muncul kotak dialog Virtual Memory, disini anda tentukan drive dimana windows telah diinstalkan. Biasanya default drive c.


  • Ada beberapa pilihan yang terdapat untuk mengatur kinerja virtual memory anda, yaitu Custom Size, System Managed Size dan No Paging File. Anda bisa pilih No Paging File bila memory (RAM) anda lebih dari 512MB. Bila RAM anda tidak mencukupi anda bisa pilih System Managed Size untuk menyerahkan semua pengaturannya kepada windows.

    Bila anda menginginkan pengaturan sendiri sesuai dengan selera yang anda butuhkan, maka anda berhak memilih Custom Size, kemudian tentukan nilai Initial Size dan Maksimum Size dalam satuan MB. Perhitungan initial dan maksimum size menggunakan pengali (1.5). misal jika anda mempunyai memory 256MB, maka perhitungannya 1.5 x 256 = 384. Nilai ini adalah nilai rata-rata dari initial dan maksimum sehingga anda bisa memberi nilai intial size 200 dan nilai maksimum size 500 atau bisa juga diisi nilai tetap (fixed) untuk keduanya 400.

    Langkah terakhir dari adalah meng-klik tombol Set. Tekan ok untuk jendela sebelumnya yang terbuka. Selamat mencoba dan mengaplikasikannya.

    Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

    Lebih baru Lebih lama

    Ads

    Free Hosting

    Hottest Hosting

    Niagahoster-Banner