Homegroup Windows 7

Bagi banyak pengguna, jaringan adalah sebuah kebutuhan namun kemampuan yang dibutuhkan biasanya menjadi momok yang menakutkan. Microsoft berusaha menjembatani kedua masalah ini dengan memperkenalkan HomeGroup, sebuah solusi jaringan yang mudah disetup dan digunakan pada Windows 7. Kekurangannya saat ini hanya satu, semua pengguna harus menggunakan Windows 7.

HomeGroup adalah sebuah jaringan yang tidak memerlukan user account dan administrasi dan saya tahu apa pertanyaan Anda selanjutnya. Walaupun tidak memerlukan Anda membuat user Account disetiap komputer yang tergabung didalam HomeGroup, bukan berarti setiap pengguna bisa dengan seenaknya bergabung kedalam jaringan ini. Untuk bergabung kedalam HomeGroup, komputer yang bergabung (bukan pengguna) harus mengetahui password yang digunakan oleh HomeGroup tersebut.

Setiap komputer yang bergabung kedalam Homegroup, akan membuat setiap pengguna (user account) didalam komputer tersebut juga sudah bergabung dengan homegroup. Inilah yang saya katakan komputer dan bukan pengguna yang bergabung kedalam homegroup. Lalu bagaimana dengan aspek keamanan ? tidak semua pengguna ingin berbagi resource atau file yang dimiliki bukan ?

Benar dan masalah ini bukanlah sebuah masalah untuk konsep Homegroup. Walaupun terhubung dengan Homegroup, bukan berarti file dan data yang ada didalamnya otomatis akan disharing. Setiap pengguna mempunyai hak-nya masing-masing untuk menentukan folder atau file mana saja yang akan disharing kepada pengguna lain.

HomeGroup adalah jaringan yang benar-benar dibuat sederhana agar mudah digunakan dan bahkan nama Homegroup sendiri adalah nama yang tetap dan tidak bisa dikutak-katik lagi. Anda tidak bisa merubah nama ini bila tidak menyukainya dan Anda tidak bisa pula membuat lebih dari satu Homegroup didalam jaringan Anda. Benar, Anda hanya bisa memiliki satu homegroup dan hanya satu-satunya. Mungkin, Anda harus menunggu munculnya windows masa depan (windows 8?), untuk bisa membuat beberapa jenis Homegroup didalam jaringan Anda.

Membuat Jaringan Homegroup
Homegroup bisa diciptakan oleh komputer mana saja yang ada didalam jaringan Anda namun sekali lagi, hanya bisa ada satu homegroup didalam jaringan Anda. Untuk membuat homegroup, klik menu Start>Control Panel>Choose homegroup and sharing options. Secara otomatis, komputer Anda akan mencari Homegroup yang ada didalam jaringan dan ketika jaringan Homegroup ini tidak ditemukan, Anda akan melihat window seperti yang ditunjukkan oleh gambar 3.1. Untuk membuat homegroup, Anda tinggal mengklik tombol 'Create a homegroup'

Window berikutnya akan meminta Anda untuk menentukan direktory-direktory spesial mana saja yang akan disharing dengan pengguna Homegroup lainnya. Anda akan melihat direktory Pictures, Music, Videos, Documents dan Printers. Semua direktory akan terpilih secara otomatis kecuali direktory Ducuments namun tentu saja Anda bisa merubah pilihan ini sesuai dengan kebutuhan. Bila Anda tidak suka berbagi folder videos Anda yang menyimpan berbagai film-film seru, un-check saja ini. Selanjutnya, klik tombol Next maka proses pembuatan Homegroup akan segera dilakukan secara otomatis.

Selanjutnya, Anda akan melihat sebuah password yang dibuat secara otomatis yang dalam contoh ini adalah 't136uJ4hU7'. Catat password ini karena password inilah yang dibutuhkan oleh komputer-komputer lainnya didalam komputer Anda yang ingin bergabung dengan Homegroup. Anda juga bisa mengklik link 'Print password and instruction' yang akan memberikan Anda petunjuk tentang bagaimana bergabung dengan Homegroup yang baru dibuat ini melalui komputer lain. Setelah selesai, klik tombol Finish.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menyembunyikan MAC Address

Aktivasi Office 2010 Gagal Masih Ada Cara Lain