Mozilla Firefox

Sudah tahu kan apa itu browsing? Browsing artinya membaca pencarian data pada jaringan (network) khususnya internet. Untuk dapat mencari-cari dan menampilkan data tersebut diperlukan sebuah program yang disebut sebagai browser. Setidaknya ada 5browser yang digunakan luas oleh netter (pengguna internet), yakni : Mozilla Firefox, Internet Explorer, Chrome, Safari, dan Opera. (Sebelumnya ada browser N8, O8, O7)



Saya sendiri telah mencoba menggunakan Mozilla, Internet Explorer, Chrome dan Opera. Dan setelah pertimbangan dan pengalaman, akhirnya saya lebih memilih Mozilla Firefox (khususnya Mozilla versi 3 up) dengan beberapa alasan. Kecepatan, desain, fasilitas serta fitur-fitur yang diberikan oleh Mozilla memberi kenyamanan tersendiri ketika berinternet ria.

Sebagai informasi, pengguna Firefox meningkat dari tahun ke tahun. Sebagai perbandingan, saya akan membandingkan statistik pengguna browser tahun 2008 (Januari) dengan tahun 2009 (Juli). Berikut statistik Januari 2008 dibanding Juli 2009 (berdasarkan Peringkat) :

Mozilla Firefox mengalami peningkatan persentase pengguna dari 36.4% menjadi 47.9% [2009] atau naik 11.5%
Internet Explorer mengalami penurunan persentase pengguna dari 54.7% menjadi 39.1% [2009] atau turun sebesar 15.3%.
Chrome (google) meningkat tajam sejak diluncurkan pada Agustus 2008 dan hingga Juli 2009 jumlah pengguna sebesar 6.5% atau naik 6.5% dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun.
Safari mengalami peningkatan dari 1.9% menjadi 3.3% atau naik 1.4%.
Opera mengalami peningkatan dari 1.4% menjadi 2.1% atau naik 0.7%.
Dari statistik tersebut, terlihat bahwa Internet Explorer mengalami penurunan drastis selama 1.5 tahun terakhir yang diiringi peningkatan yang pesat untuk Mozila Firefox dan Google Chrome. Dalam artikel ini saya khusus berbicara tentang Mozilla Firefox.


Browsing dengan Mozilla Firefox

Khusus untuk Mozilla Firefox 3.6.3, ada beberapa kelebihan (menurut saya) terhadap browser lainnya baik dalam kenyamanan, fleksibiltas, pengaturan.

New Tab

Jika tidak salah, Firefox merupakan pionir untuk membuka halaman baru internet dalam satu windows dengan short cut Ctrl+T. Dan browser seperti Internet Explorer kemudian meniru aplikasi tersebut untuk Internet Explorer 7 up. Dengan aplikasi new tab, kita tidak perlu repot membuka terlalu banyak windows dalam satu waktu.

Bookmarks

M. Firefox sejak awal menyediakan tempat untuk bookmark dan RSS sebuah situs. Dengan adanya RSS, maka saya dapat membaca general headline dari berbagai situs utama secara live, dan pastinya menghemat waktu sekaligus mengupdate setiap berita yang baru. Ada beberapa RSS langganan saya, misalnya http://www.kompas.com/getrss/nasional dan http://rss.xinhuanet.com/rss/english/english_scitech.xml untuk update informasi dunia. Dengan RSS, maka kita sebisa mungkin tidak akan telat mendapat informasi menarik.

History
Selain menyediakan data base untuk jejak pencarian kita baik halaman, alamat situs, hingga password, namun kitadapat menyetting secara manual tingkat keamanan komputer kita. Kita dapat menghapus bagian mana saja privasi kita, dan bagian apa saja yang harus kita simpan. Dengan adanya resource jejak tersebut, maka kita dapat menghemat bandwith sekaligus mempercepat browsing untuk situs yang memiliki basic (gambar, fitur) yang sama. Gambar suatu situs tidak perlu lagi didownload, karena tersimpan dalam temporary data.

Password Manager

Dengan pilihan password manager dan security setting, maka situs-situs account pribadi saya tidak perlu terus saya login. Untuk email atau blog, saya tidak perlu men-signout ataupun me-login ulang setiap saya membuka internet di notebook saya. Seperti di blog wordpress, saya hampir tidak pernah melogin account saya, dan setiap membuka mozilla, maka saya langsung melihat tampilan menu comment atau statistik blog wordpress.

Memory
Dengan fitur yang relatif “canggih”, firefox hanya menggunakan memori komputer yang relatif kecil ketika running. Salah satu cara yang dikembangkan oleh Firefox adalah menggunakan sistem XPCOM cycle collector yang secara simultan melakukan penghapusan memori yang tidak digunakan.

Kecepatan
Dibanding firefox 3 atau firefox versi 2, firefox 3.5 khususnya firefox 3.5.2 memiliki perfomance dengan kecepatan yang tinggi. Dengan metode TraceMonkey JavaScript, firefox memiliki kecepatan 2 kali dibanding firefox 3, dan 10 kali lebih cepat daripada firefox 2.0



Ini terbukti bila saya membuka email, foto, akan tampil lebih cepat dan jauh responsif daripada IE. Oleh karena itu, bagi Anda yang menggunakan Firefox versi 3 atau bahkan versi 2, sebaiknya hijrah ke Firefox 3.5.2.


Download Mozilla Firefox

Kembali saya saran kembali, bagi rekan-rekan yang masih menggunakan Firefox versi 2 atau Firefox versi 3, saya menganjurkan untuk menggunakan firefox versi 3.6 atau dapat mencoba versi terbaru yakni 3.6.3

Terbaru : Download Firefox 3.6.10 – Gratis (Untuk OS Windows – 7.7 MB)

Anda tinggal mendownload installer Firefox 3.6.10 secara gratis, lalu menginstall di komputer/notebook Anda. Khusus untuk OS Windows, Anda hanya perlu memastikan spesifikasi komputer/notebook Anda diatas dari:

Windows XP up to newest version
Pentium > 500 MHz
Ram > 128 MB
Hardisk = 52 MB
Sekian, semoga bermanfaat.

info : http://nusantaranews.wordpress.com

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

Ads

Free Hosting

Hottest Hosting

Niagahoster-Banner