Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Didepan Komputer

Bagi para pelajar seperti saya, menghadapi komputer memang sangat sering. Baik dalam pelajaran, mengetik, bermain game, internet, dan lain-lain. Pada saat kita menghadap monitor, terkadang kita tidak memperhatikan kesehatan / keselamatan anggota tubuh kita, contohnya mata. Bila kita terlalu lama berhadapan dengan monitor dan dengan jarak yang dekat. Maka mata kita akan cepat rusak atau sakit. Untuk itu saya berikan tips untuk menjaga mata kita agar tidak rusak dan sakit bila berhadapan dengan monitor.

1. Sebaiknya menjalankan komputer ditempat atau ruangan yang cukup cahaya. Jangan terlalu terang dan gelap agar mata tidak silau atu sakit.

2. Pastikan monitor anda bekerja dalam keadaan baik. Gambar pada monitor anda tidak buram dan berkedip-kedip atau goyang. Lebih baik ganti dengan monitor yang masih baik. Usahakan bersihkan debu-debu atau kotoran di layer monitor.


3. Jaga jarak pandang antara mata dan layar monitor. Jarak yang dianjurkan adalah 40-100 cm dari layar monitor ke mata.

4. Anda juga bisa menggunakan filter pada monitor atau menngunakan kacamata anti radiasi. Itu membantu mata kita untuk terhindar dari radiasi cahaya berlebih.

5. Cobalah mengistirahatkan mata sejenak. Dengan cara melihat pandangan lain selain kearah monitor, mencuci muka dan membasuh mata dengan air bersih (apa bila mata mulai nyeri dan kaku/merah coba teteskan obat mata).

6. Letakkan kertas kerja seimbang dengan letak monitor, agar tidak menyusahkan anda untuk melihatnya.

7. Aturlah kecerahan pada monitor anda. Jangan terlalu cerah karena dapat menyebabkan mata anda silau dan jangan terlalu gelap karena mata bekerja terlalu keras sehinnga membuat mata menjadi cepat kering.

8. Gunakan front yang cukup besar. Agar terlihat jelas oleh mata, jangan paksakan mata anda membaca tulisan yang hurufnya terlalu kecil.

9. Aturlah posisi monitor sejajar dengan mata anda.

10. jagalah asupan vitamin A dengan memakan wortel dan bila perlu meminum Vitamin A.

Hanya sedikit yang saya ketahui tentang tips menjaga kesehatan mata saat di depan komputer. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi teman-taman semua.

MyHendra

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

Ads

Free Hosting

Hottest Hosting

Niagahoster-Banner