pbm.exe, pbl.exe dan preloa.exe File apa sebenarnya ini?

Seminggu yang lalu saya berhadapan dengan spyware, kebetulan saya sering melakukan cek system process menggunakan taskmgr.exe setiap seminggu sekali untuk memastikan proses yang tidak lazim. Pada saat itu belum jadwal saya melakukan cek system process pada task manager, karena waktu itu laptop saya terasa berat dan setiap kali saya konek ke internet proses internet terus berjalan pengiriman data hingga 3,xxx kbps.
Saya menggunakan Anti Virus AVIRA yang free dan saya coba update databasenya, terus saya scan ulang. Ternyata tidak berhasil pbm, pbl dan preloa.exe terus berjalan.

Langkah selanjutnya adalah :

  1. Saya coba uninstall Avira dan ganti dengan AVG 2011;
  2. Scan drive secara keseluruhan;
  3. Hapus file yang mencurigakan ang telah ditangkap AVG;
  4. Scan computer dengan IObit atauc cleaner lain yang sama fungsinya;
  5. Restart Komputer.
Setelah saya ingat-ingat kemungkinan ini terjadi karena sebelumnya saya download crack sebuah program dan ternyata itu bukan crack malahan spyware yang didapat. Dosa kali ya.... hehehe... makanya teman-teman beli software asli jangan crackingan ntar kayak gini jadinya berabe.

Pelajaran bagi kita semua untuk menginstall Anti Spy di laptop dan komputer kita agar terjaga dari hal yang tadi. Bisa juga Anda menggunakan AVG 2011 terbaru ini fiturnya lumayan lengkap, segala perlindungan ada, tetapi komputer jadi lambat untuk membuka Word pun membutuhkan waktu sekitar 30 detik karena scanning dari AVG.
Jangan lupa juga untuk selalu scan AV Anda secara berkala, apalagi setelah download software siapa tahu software tersebut disusupi makhluk gaib kayak gitu. xixixi...
Satu hal lagi kawan jangan lupa update terus system proteksi Anda agar system tetap stabil. Semoga pengalaman saya ini menjadi pelajaran bagi Anda. Aminnn...!

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

Ads

Free Hosting

Hottest Hosting

Niagahoster-Banner