Komputer Restart Sendiri

Tadi malam saya dipanggil ke rumah pasien untuk melihat komputernya yang tiba-tiba saja restart saat melakukan aktifitas seperti biasa. Hal ini sering terjadi dikalangan komputer tua yang tidak pernah diperhatikan kebersihan dan lingkungannya. Mengapa saya bilang kebersihan dan lingkungan? Nah, 2 faktor itu sangat mendukung masa hidup suatu barang khususnya barang elektronik seperti komputer. Debu dan kotoran bisa mengakibatkan adanya sambungan arus pada komponen dan lingkungan ruangan yang panas akan mengakibatkan sirkulasi udara pada CPU tidak baik, cepat panas dan akhirnya IC pada Motherboard meleleh atau RAM dan Processor panas sehingga CPU akan restart.

Bersihkanlah CPU Anda secara berkala untuk menjaga adanya gangguan seperti yang telah saya jelaskan diatas dan usahakan CPU berada dalam ruangan yang dingin, bila perlu belilah pendingin Processor dan RAM. Apalagi bila Anda seorang gamers sudah seharusnya Anda memperhatikan hal tersebut.

Tambahan dari saya, bila Anda mempunyai CPU tua kemungkinan pasta prosesor Anda sudah kering, belilah pasta dan oleskan pada prosesor bagian atas atau pada heatsink.

Semoga Bermanfaat :-)


Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

Ads

Free Hosting

Hottest Hosting

Niagahoster-Banner