SWAP Tidak Terbaca di Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot

Beberapa waktu lalu saya mendapat masalah dengan Ubuntu Oneiric Ocelot, saya menggunakan lepi Toshiba L630 yang didalamnya telah diinstall Win 7, Ubuntu 11.10 dan Bactrack 4. Tetapi muncul masalah, setiap saya melakukan multitasking (scan dokumen, edit gambar dan mengirim email) selalu hang, jadi saya harus tekan tombol power beberapa detik untuk mematikan lepi.

Untuk memastikan saya buka System Monitor dan munculah informasi seperti gambar yang saya upload ini :
aw aw aw.... ternyata Swap-nya sama sekali masih perjaka, belum kepake sedikitpun dan lebih mengherankan lagi kok swapnya kosong 0 dari 0 bytes...! (maksudnya!) padahal swapnya dibuat oleh Ubuntu sendiri, kok Ubuntu gak baca Swap??? (:emoheran) Nah disini saya mulai bingung dan berusaha memecahkannya, saya udah install ulang swapnya, tapi masih juga kayak gitu. Sampai saya putus asa mau install ulang Ubuntu-nya. Tapi beruntung saat saya sedang membuang samapah di Toilet muncul wangsit yang mengatakan kalau saya harus mempunya aplikasi yang berfungsi untuk membaca Swap.

Usut punya usut tanya kanan, kiri ternyata bener saya harus mempunyai aplikasi pembaca Swap waktu itu saya ditawari Zram. Tanpa pikir panjang saya langsung buka terminal (CTRL + ALT + T) dan mengetikan perintah seperti dibawah ini :

sudo add-apt-repository ppa:shnatsel/zram
sudo apt-get update
sudo apt-get install zramswap-enabler

Restart lepinya dan setelah buka System Monitor, ternyata Zram telah berhasil membuat Swap saya berfungsi kembali, untuk mengetesnya saya coba membuka beberapa jendela hingga 6 jendela dan ternyata hasilnya memuaskan semua berjalan sesuai kodratnya... hehehehe....

Alhamdulilah.... akhirnya bisa tidur juga :-D
sampai jumpa...!

Thanks to Kawan-kawan Ubuntu se-Indonesia.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

Ads

Free Hosting

Hottest Hosting

Niagahoster-Banner