Compile Kode Program VB .Net Melalui Console

Lama sekali saya tidak posting, karena pekerjaan yang begitu menumpuk, dibarengi dengan kesibukan saya diluar kantor, yaitu menerima service, pesanan software dan menjadi admin di dua SKPD sekaligus sehingga blog kesayangan ini terbengkalai.

Berhubung saya sekarang sedang disibukan membuat software , maka kesempatan ini saya akan membagikan tips Tentang Cara Compile Kode Program VB .Net Melalui Console dengan mengikuti langkah mudah yang saya paparkan, saya jamin Anda dapat mengerti dan dapat mengaplikasikannya di software yang telah Anda rancang.

Langkah melakukan kompilasi kode program di vb. net 2010 adalah sebagai berikut :
  1. Bukalah command prompt yang berada di Start > All Programs > Microsoft Visual Studio 2010 > Visual Studio Tools > Visual Studio Command Prompt (2010).
  2. Setelah jendela konsol terbuka, masuklah ke lokasi folder project yang telah Anda buat. Saya contohkan saya mempunyai project yang berada di drive c:\vblatihan\. Jadi perintah yang saya ketikan adalah 
    C:\Program Files\Microsoft Visual Studio 10.0\VC>cd\
    C:\>cd vblatihan\latihan\latihan sehingga konsol akan berada di posisi C:\vblatihan\latihan\latihan>
  3. Bila Anda sudah pada posisi dimana project Anda berada, langkah selanjutnya adalah mengetikan perintah pengkompilan menggunakan VBC caranya adalah sebagai berikut : C:\vblatihan\latihan\latihan>vbc latihan.vb
  4. Setelah selesai melakukan proses kompilasi, jalankan program yang telah Anda kompil dengan mengetikan nama filenya contoh: C:\vblatihan\latihan\latihan>latihan
Catatan :
Bagi Anda para pemula, setiap selesai mengetikan perintah akhiri dengan menekan Enter untuk melakukan eksekusi terhadap perintah tersebut.
Perhatikan tulisan yang diberi warna merah, menandakan sebuah perintah yang harus diketikan di jendela konsol.

File pendukung latihan :
Video tutorial format EXE (3.6 MB) Download
Contoh Script Latihan VB .Net 2010 (88.0 KB) Download

Demikian sedikit tips dari saya mengenai programming, semoga membantu dan bermanfaat bagi semua orang yang membutuhkan. Terima kasih. 

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

Ads

Free Hosting

Hottest Hosting

Niagahoster-Banner