Pinguy 12.04 Bermasalah di Laptop Toshiba Satellite C640

Anda kenal Pinguy? Linuxer pasti sudah mengetahuinya dan mungkin tidak asing lagi bagi Anda, tampilannya yang cantik membuat Pinguy digemari oleh banyak orang. Pinguy berbasis Ubuntu linux ini saya dapatkan dari seorang teman yang memang dia menggemari linux dari sejak lahir hehehe....


Tidak sabar dengan hal yang baru, jadi tidak tunggu lama saya langsung install OS ini ke Laptop saya yang sebelumnya telah ada Win 7 . Waktu saya masukan DVD-nya booting pertama sukses, saya lihat-lihat fiturnya ternyata lengkap dengan wine, itu artinya saya bisa gunakan aplikasi Windows di OS ini. Namun masalah terjadi setelah saya restart. Pinguy Hang waktu loading system, jadi saat mousenya muncul semua jadi freeze gak bergerak sama sekali.

Karena penasaran saya coba lagi, saya matikan paksa dan boot lagi. Ternyata kejadiannya sama begitu juga, pertama kali saya curigai adalah DVD-nya korup dan yang kedua adalah hardware entah itu hardisk atau yang lainnya. Saya coba masukan DVD-nya ke laptop lain ternyata berhasil, lancar saya install ternyata bisa, sama sekali tidak ada hambatan hingga instalasi selesai Pinguy tetap berjalan dengan Normal.

Dari kejadian diatas saya simpulkan kalau Pinguy Crash karena ketidak cocokan Hardware. Dalam praktek saya kali ini menggunakan Toshiba Satellite C640 dengan processor AMD Dual Core 1.65Hz. Akhirnya saya install Windows 7 dan berjalan hingga sekarang.

Posting lanjutan :
Sehari kemudian saya masih penasaran dengan Pinguy ini, entah bagaimana pikiran saya waktu itu ingin tes copas dari DVD ke Hardisk. Saya coba lakukan langkah ini hingga selesai. DVD-R masih tetap pada tempatnya, saya coba restart boot ke Pinguy dan sukses. Sebelum terjadi lagi hang, saya langsung install Pinguy ke hardisk al hasil laptop saya sekarang dual boot.

Merasa puas dengan kerja saya hari ini, maka saya istirahat dan tertidur selama dua jam, tapi rasa penasaran saya belum hilang. Dinyalakanlah laptop saya dan masuk ke Pinguy... ternyata hang lagi sama kejadiannya waktu boot dari DVD.

Saya reboot dan masuk ke Win 7 chat dengan orang pakar dari Pinguy ngobrolnya saya save di notepad seperti ini :
[10:40] == cheffzbros [b4fb9f42@gateway/web/freenode/ip.180.251.159.66] has joined #PinguyOS
[10:41] <cheffzbros> hai all
[10:41] <cheffzbros> can you all help me
[10:43] <cheffzbros> i'm using pinguy 12.04 and dual boot system other system is win 7
[10:43] <@Zero_Angel> hey
[10:43] <@Zero_Angel> what's going on?
[10:43] <cheffzbros> when i start up my laptop satellite c640 and enter to pinguy os....
[10:44] <cheffzbros> its freeze
[10:44] <cheffzbros> it's freeze before the login menu
[10:44] <cheffzbros> can you help me please.... :(
[10:45] <@Zero_Angel> uh oh
[10:45] <@Zero_Angel> you're the second one in recent history who had problems with a toshiba satellite C series laptop
[10:45] <@Zero_Angel> the first guy I couldnt help, despite all the boot options we tried
[10:46] <@Zero_Angel> however, I want to try something different this time
[10:46] <cheffzbros> owh
[10:46] <@Zero_Angel> do you know how to get into your laptop's BIOS?
[10:46] <@Zero_Angel> I want to see if there is something called UEFI that's preventing it from booting anything but windows
[10:46] <cheffzbros> yes...
[10:47] <cheffzbros> UEFI what i have suppose to do with it?
[10:48] <@Zero_Angel> do you know what UEFI is?
[10:49] <cheffzbros> hehehe sorry i dont know it
[10:51] <@Zero_Angel> UEFI is a technology that is used to secure the boot environment, it has a 'secure boot' feature that prevents you from booting other OS's properly
[10:51] <cheffzbros> owh
[10:51] <cheffzbros> so that's UEFI is...
[10:52] <cheffzbros> hmmm so i can't use pinguy at my laptop
[10:53] <@Zero_Angel> if the laptop has UEFI secure boot enabled and you cannot turn it off -- then yes you can't use pinguy OS
[10:53] <cheffzbros> hahaha that's mean i buy new laptop for pinguy...
[10:54] <cheffzbros> poor me...!
[10:55] <@Zero_Angel> if the laptop DOES use UEFI secure boot then you should be able to turn it off
[10:56] <@Zero_Angel> The secure boot feature really is to make it so that you cannot run unsigned code in the bootloader. In other words it's basically there so you can't run anything but the OS that the laptop came with
[10:56] <@Zero_Angel> I don't know for a fact if your laptop has UEFI
[10:59] <cheffzbros> thank you very much for your informations
[11:00] <cheffzbros> to make sure my laptop has UEFI. i have to reboot first...
[11:01] <cheffzbros> okay Zero_angel  thank for your help.... now i have to logout and enter BIOS... see you...
[11:01] <cheffzbros> :-)

Dari obrolan saya yang memelas minta tolong ternyata saya bukan satu-satunya yang punya masalah dengan laptop ini, ternyata saya orang kedua yang bermasalah dengan laptop ini. ckckckck.... salah beli nie...:-D

Zero_Angel (lawan chat) mengatakan kalau di laptop saya ada UEFI yang berfungsi sebagai secure boot katanya kalau bisa dinonaktifkan saya selamat, kalau tidak bisa dinonaktifkan berarti mau tidak mau Pinguy tidak dapat dijalankan.

Saya coba restart, masuk ke BIOS dan saya ubek-ubek BIOS. Sama sekali saya tidak menemukan secure boot atau UEFI. Saya coba masuk lagi ke Pinguy, eh ternyata bisa login, sepertinya ada mistery di Pinguy ini. Tanpa berpikir lagi langkah pertama yang saya lakukan adalah backup system-nya, melakukan instalasi, dan update setelah selesai update saya backup lagi untuk menjaga dari hal tidak diinginkan. Selesai bekerja saya shutdown.

Pekerjaan lanjutan :
Keeseokan harinya, saya menyalakan laptop dan masuk ke Pinguy melalui Grub, seperti biasa Pinguy-nya kumat lagi hang lagi saat booting. saya matikan dan saya masuk ke Windows 7, saya restart lagi dan tidak sengaja masuk ke Pinguy.. Simsalabim Pinguy bisa masuk. Aneh kasusnya.. baru saya dapat seperti ini.

Kesimpulan :
Saya harus masuk ke Win 7 setelah itu saya restart dan masuk ke Pinguy. Dengan begitu laptop saya tidak akan hang lagi saat boot Pinguy.

Just Tes :
Saya install Ubuntu 8.04 dengan menimpa instalasi Pinguy, tidak ada masalah semua lancar, saya bisa langsung menggunakan Ubuntu tanpa harus masuk dulu ke Windows.

Sekian praktek saya selama 3 hari, ini catatan terpanjang yang saya buat.. hehehe...

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

Ads

Free Hosting

Hottest Hosting

Niagahoster-Banner