Sharing Folder di Ubuntu 12.10 Gagal

Saya baru saja menginstal Ubuntu 12.10 di Komputer PC, Saya mendapatkan permasalahan saat mencoba sharing folder padahal saya sudah install samba melalui Ubuntu Software Center. Tapi kasus saya disini adalah saya sepertinya membuat kesalahan.
Kesalahan Pertama :
Saya menginstal samba melalui Software Center padahal biasanya saya menggunakan Console;
Kesalahan Kedua :
Saya klik Gadmin-Samba setelah saya klik Samba, seharusnya saya perhitungkan kalau saat instalasi samba koneksi internet down, maka Gadmin-Samba otomatis akan diinstal, karena kita sudah klik sebelumnya;
Kesalahan Ketiga :
Instalasi Samba terputus karena koneksi jaringan dan saya membiarkan Gadmin-Samba terinstal;
Kesalahan Keempat :
Setting samba sembarangan menggunakan Gadmin-Samba.

"Jangan pernah setting sesuatu tanpa berfikir kalau tidak, bisa fatal... ;-)"
Hasilnya : Gak bisa sharing folder
Solusinya :
  • Buka console dan ketikan : sudo su
  • Masukan password root
  • Ketikan : nautilus
  • Copy file smb.conf dari komputer yang sambanya masih standar, lokasi file berada di folder /etc/samba/
  • Paste di komputer yang samba-nya kacau, lokasinya sama /etc/samba/ namun hati-hati sebelum menimpa Anda harus membackup file smb.conf dengan me-rename file smb.conf yang lama
  • Buka console dengan menekan tombol kombinas CTRL + ALT + T
  • Ketik : sudo su
  • Masukan Password Root
  • Ketik : /etc/init.d/smbd restart
  • Setelah muncul proses restarting sukses langkah selanjutnya adalah mencoba sharing 1 folder yang berada di Home
Kalau ini pertama kali Anda menginstal Ubuntu 12.10 dan tidak ada samba yang normal, silahkan download smb.conf berikut :
Download smb.conf

Semoga Membantu



Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

Ads

Free Hosting

Hottest Hosting

Niagahoster-Banner