Install Netbeans di Ubuntu 13.10

Kemarin saya telah selesai menginstal Netbeand 7. alhamdulilah selesai tanpa masalah. Sebelumnya saya meng-instal Netbeans dari file yang saya download di website resminya, namun masalah sering terjadi saat saya ingin melihat hasil dari aplikasi yang telah saya rancang melalui terminal. Seperti biasa saya mengetikan perintah ini di terminal :
java -jar ./namaaplikasi.jar

Setelah saya menekan Enter, entah kenapa muncul pesan error yang isinya memberitahukan bahwa class yang digunakan tidak kompatibel. Padahal saya sudah menginstal JDK dan JRE yang terbaru dari website-nya. Saya juga telah meng-install ulang JDK dari website ke openJDK, namun tidak menyelesaikan masalah.

Keesokan harinya saya mencoba Ubuntu 13.10 64bit untuk laptop saya dan kembali saya menginstall Netbeans, namun saya tidak men-download-nya dari website tapi saya langsung install dari PPA-nya dengan mengetikan :
Sudo apt-get install netbeans

Semua paket yang akan didownload ditunjukan terlebih dahulu, saya melihat OpenJDK dan JRE beserta versinya. Ternyata dengan perintah diatas kita tidak perlu repot – repot download JDK dan JRE lebih simpel dibanding kita install manual.


Alhasil. Netbeans saya terinstall dengan sempurna tanpa cacat sedikitpun dan Netbeans saya juga terlihat lebih cepat dibandingkan saya install manual. Lebih penting lagi saya sudah bisa menggunnakan perintah java -jar ./namaaplikasi.jar diterminal.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

Ads

Free Hosting

Hottest Hosting

Niagahoster-Banner